Oleh :
Fientje Palijama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pelayanan pasien peserta BPJS di Rumah Sakit Umum DR. Haulussy Provinsi Maluku. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang mengkaji dan mengungkapkan makna konsep dan pengalaman tentang pelayanan yang dialami pasien peserta BPJS berdasarkan apa yang terjadi di Rumah Sakit Umum DR. Haulussy Provinsi Maluku. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan telaah dokumentasi. Sumber data diperoleh dari 5 informan kunci. Teknik analisis data mengunakan model interatif Miles dan Huberman (2007) yakni reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan kesimpulan.
Hasil Penelitian menemukan bahwa Kualitas Layanan Kesehatan bagi peserta BPJS di Rumah Sakit Umum DR. Haulussy Provinsi Maluku belum optimal, karena masih ada hak-hak pasien BPJS belum terakomodasi terutama pada dimensi responsivitas (daya tanggap) petugas Rumah Sakit yaitu pasien menunggu layanan lebih dari satu jam. Dimensi responsibilitas yaitu dokter memberi resep obat, kadang tidak tersedia di apotik, dan kamar Inap tidak mencukupi untuk pasien BPJS.
Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Kesehatan Pasien BPJ
Sumber : Hipotesa Volume. 12 No 2. November 2018