Oleh :
Fientje Palijama
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis Efektivitas Pelayanan pada Puskesmas Rijali Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang mengkaji dan mengungkapkan makna konsep dan pengalaman tentang efektifitas pelayanan pasien terjadi di Puskesmas Rijali Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan telaah dokumentasi. Sumber data diperoleh 8 informan kunci yang terdiri dari 2 informan pemberi pelayanan dan 6 informan penerima pelayanan. Teknik analisis data digunakan teknik analisa kualitatif. Untuk melihat kualitas dan tingkat pelayanan.
Data-data yang dikumpulkan dianalisa secara kualitatif, artinya data yang terkumpul di sajikan apa adanya, kemudian di analisa sehingga data tersebut dapat dipahami maksudnya. Hasil Penelitian menemukan bahwa efektivitas pelayanan yang berkualitas bukanlah hal yang mudah. Akan tetapi hal tersebut akan dapat tercapai apabila organisasi Puskesmas Rijali dapat melakukan secara terencana dan sistimatis baik terhadap kualitas sumber daya manusia yang dimiliki maupun terkait lingkungan pelayanan harus tertib, teratur disediakan ruang tunggu yang nyaman, bersih, rapih, lingkungan yang indah, sehat serta dilengkapi dengan fasilitas pendukung pelayanan, seperti parkir, toilet, tempat ibadah dan lain-lain.
Kata kunci : Efektivitas, Pelayanan
Sumber : Hipotesa Vol. 13 No. 1. Mei 2019