Sejarah

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Abdul Azis Kataloka yang disingkat STIA ALAZKA, dilahirkan dari rasa keresahan beberapa tokoh Masyarakat dan Akademisi atas keterpurukan pendidikan, terutama Pendidikan Tinggi dari anak-anak Maluku ketika konflik kemanusiaan yang berkecamuk sejak tanggal 19 Januari 1999.

Keresahan tersebut kemudian terwujud dalam bentuk keinginan untuk mendirikan sebuah Perguruan Tinggi Swasta agar dapat menampung Anak-Anak Maluku yang bercerai berai akibat konflik.

Untuk itu maka pada tahun 2000 beberapa Tokoh masyarakat Gorom Seram Timur antara lain : Drs. A.Z.R Wattimena, M.Si, Abdullah E. Wattimena, SH, Muhammad Wattimena, SE, dan Fredi Rumni mengambil inisiatif untuk membentuk sebuah Yayasan yang diberinama “YAYASAN TURA BAIL GORAN RIUN” yang tujuan utamanya untuk menyelenggarakan sebuah Pendidikan Tinggi, setelah Yayasan tersebut berdiri beberapa akademisi kemudian diajak untuk bekerjasama dalam  memproses pendidikan STIA ALAZKA, mereka adalah Drs. J. Madubun, M.Si, Drs. Z.A. Rengifurwarin, M.Si, Drs. Sukur Soasiu, M.Si dan Ir. Iksan Baharuddin.


Setelah memulai proses yang cukup singkat atas kerjasama dari pada pendiri tersebut, maka setahun kemudian, tepatnya pada tanggal 26 September 2001 STIA ALAZKA resmi berdiri yang di tandai dengan diterbitnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI. No. 201/D/0/2001 tanggal 26 September 2001 tentang pemberian Ijin Penyelenggaraan Program-Program Studi dan pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Abdul Azis Kataloka Ambon, Program Studi yang didirikan berdasarkan SK tersebut adalah Program Studi Administrasi Negara dan Program Studi Administrasi Niaga.

Untuk pertama kali setelah berdirinya STIA ALAZKA Ambon di Pimpin oleh E.A.R Wattimena, SH selaku ketua. Pada tahun 2006 telah diproses perpanjangan Ijin penyelenggara kepada Dijen Dikti Depdiknas, dan kemudian di keluarkan Surat Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan kedua Program Studi tersebut dengan Surat Dirjen Dikti Depdiknas no. 228/D/T/2007 dan no. 229/D/T/2007 tanggal 12 Februari 2007.

Dalam perjalanan sejarahnya mahasiswa angkatan pertama yang mendaftar pada tahun 2001 berjumlah 26 orang. Dari jumlah tersebut yang bertahan hingga selesai studi S1 berjumlah 20 orang, dan mereka seluhurnya termasuk dalam alumni yang telah mengikuti Wisuda Perdana Sarjana pada tanggal 14 September 2006.